Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Hidup Manusia

noy-Pernahkah anda berpikir apa tujuan anda sebagai seorang manusia yang diberi kesempatan hidup ini? Apakah yang anda cari ? Apa yang menjadi Prioritas utama Anda ? Banyak dari kita mengira bahwa kita hidup di Dunia dengan tujuan mencari Materi atau Harta kekayaan yang melimpah. Namun jika anda berpikir seperti itu anda salah. Karena kebahagiaan lah yang paling utama. Kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, kenikmatan atau kegembiraan intens. 

Apabila anda memiliki Harta yang melimpah tetapi anda tidak memiliki Kebahagiaan itu sama saja tidak berguna. Anda pasti bertanya bagaimana bisa kita hidup bahagia apabila tidak memiliki harta yang melimpah? Setiap manusia pasti mendambakan kebahagiaan dan kebahagiaan itu tidaklah muncul dari sekedar materi belaka . Kebahagiaan akan datang dari dalam diri kita sendiri dan bukan dari luar diri kita.

Kebahagiaan tidak diukur dengan memiliki harta yang melimpah, status sosial yang tinggi dimasyarakat,dan semua standar ukuran-ukuran keduniaan lainnya. Tetapi kebahagiaan akan muncul yaitu bagaimana kita menyikapi suatu keadaan yang dialami. Jika kita berada dalam keadaan sulit, lalu kita menyikapinya dengan perasaan sabar maka kita akan merasakan kebahagiaan. Jika kita berada dalam keadaan mudah, maka kitapun akan merasa bahagia dengan semua kecukupan itu. Dengan kata lain, kebahagiaan merupakan tujuan hidup semua manusia. Tak ada seorang pun didunia ini yang menginginkan hidupnya menderita. Untuk lebih jelasnya bagaimana memperoleh kebahagiaan, cerita berikut mungkin bisa menjadi bahan renungan kita semua:

Dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta. Tiba-tiba Pemateri (Pembicara) berhenti dan memberikan kepada setiap peserta masing-masing satu balon. Masing-masing dari mereka di minta untuk menuliskan nama mereka di balon yang sudah ada dengan menggunakan spidol. Kemudian semua balon dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ruangan lain. Kisah Inspiratif

Setelah semua balon yang sudah diberi nama itu dimasukkan kedalam ruangan , pemateri meminta kepada semua peserta untuk mencari balon mereka masing-masing dalam ruangan tersebut. Waktu yang diberikan hanya 5 menit saja.

Semua orang sibuk dan tergesa-gesa dalam mencari nama mereka , saling mendorong , bertabrakan antara satu dengan yang lain dan terjadilah sebuah kekacauan. Motivasi Kehidupan

Waktu 5 menit yang diberikan sudah mau habis , dan tidak ada yang bisa menemukan balon mereka sendiri.

Sekarang pemateri meminta mereka untuk mengambil balon yang ada secara acak dan memberikannya kepada orang yang namanya tertulis di balon tersebut. Dalam beberapa menit saja semua orang sudah memegang balon mereka masing-masing. Cerita Motivasi Hidup

Pemateri pun melanjutkan pembicaraannya yang sempat terhenti tadi : hal ini sama seperti masalah yang terjadi dalam kehidupan kita. Bahwa jika semua orang yang mencari kebahagiaan dalam keadaan panik , maka mereka tidak akan tahu dimana kebahagiaan itu berada. Kebahagiaan kita berada pada kebahagiaan yang ada pada orang lain. Jadi apabila kita memberikan kebahagiaan kepada mereka , maka anda juga akan mendapatkan kebahagiaan anda juga. 


Kritik dan Saran anda bisa diberikan melalui comment dibawah ini atau dengan klik disini.
Jerryan
Jerryan hanya makhluk ciptaan tuhan yang masih perlu pembelajaran tentang arti kehidupan.