Menjadi Seorang Pemimpin Bukanlah Hal Yang Mudah

Motivasi Kehidupan - Apa yang dipahami orang tentang seorang pemimpin?
Seorang pemimpin harus sempurna. Tidak boleh melakukan kesalahan. Membiarkan semuanya berjalan lurus saja. Dia yang memimpin, yang lain menjadi bawahan. Dan yang lain itu boleh protes dengan tujuan untuk perbaikan.
Pemimpin yang baik tidak sekedar memimpin, itu yang ditulis John C Maxwell dalam bukunya How Successful People Lead.
.
Ada banyak tipe kepemimpinan. Ada beberapa level kepemimpinan. Dan setiap level memberikan warna tersendiri, juga hubungan dengan orang-orang yang dipimpin.

1. Pemimpin level pertama. Pada level ini orang mengikuti karena keharusan. Ketika kita menjabat, bawahan harus mengikuti.
2. Pemimpin level kedua.Orang lain mengikuti karena ingin. Ingin maju, ingin berkembang. Dan agenda pemimpin di level ini adalah mengenal orang-orang agak lebih tahu cara bekerjasama dengan mereka.
3. Pemimpin level tiga. Orang lain mengikuti karena sumbangsih kita bagi produktivitas mereka. Begitu mereka melihat hasilnya, maka akan memberikan kepercayaan. Dan tahap ini adalah tahap yang menyenangkan dalam memimpin. Kata-Kata Bijak
4. Pemimpin level empat. Adalah pemimpin yang mau meninggalkan kenyamanan demi untuk mengembangkan orang lain. Pemimpin level ini merubah hidup orang yang mereka pimpin untuk menjadi pemimpin juga.
5. Pemimpin level lima. Orang mengikuti karena jati diri dan nilai-nilai Anda. Pemimpin Level lima ini akan berjuang menjadikan orang lain bukan sekedar pemimpin. Tapi memimpin hinggal level empat.
Apa yang saya pelajari dari ini bukan sekedar teori.
Pemimpin ada banyak ragamnya. Memimpin organisasi atau komunitas sama saja. Semuanya harus berlandaskan pada pengorbanan di awal kali. Motivasi Kehidupan

"Pemimpin harus pakai perasaan tentu saja. Tapi jangan sampai terbawa perasaan. Karena apa? Karena dengan banyak membawa perasaan, sulit untuk maju melangkah. Perasaan akan menempatkan kita selalu merasa bersalah, akan keputusan yang kita buat. Padahal tujuan dari keputusan itu untuk perbaikan yang lebih banyak lagi"
Setelah membaca buku ini berulangkali, saya lebih jeli dalam memahami pemimpin dan kepemimpinan orang lain. Bisa tahu bagaimana menyisihkan perasaan, tanpa harus berhenti total karena perasaan juga.
Sesungguhnya setiap dari kita adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Cerita Inspiratif

Source : How Successful People Lead | John C Maxwell

Kritik dan Saran anda bisa diberikan melalui komentar atau hubungi contact saya 

Terima Kasih :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »